Tips dari Motion Production  untuk Merekam Video di Ponsel supaya lebih Profesional


Motion Production akan memberikan beberapa ilmu dalam merekam video diponsel supaya terlihat professional . Sebagian besar smartphone saat ini dilengkapi dengan kamera internal yang bagus .Ini memberi beberapa keuntungan pembuat konten video profesional , termasuk kemampuan untuk menangkap konten video secara spontan, dan kemampuan untuk mengedit video secara profesional dengan berbagai aplikasi. Manfaat biaya yang terkait dengan penggunaan ponsel untuk merekam video  jauh lebih murah daripada peralatan video tradisional.

Kami akan  membahas tips untuk merekam video di ponsel dan menggambarkan cara menghasilkan video yang berkualitas unggul, dan layak untuk videografer profesional.

Di bawah ini adalah beberapa tip praktis untuk merekam video di ponsel.

  1. Jangan Rekam Video Vertikal

Ponsel pintar menawarkan kemampuan untuk mengambil gambar secara vertikal dan horizontal. Namun demikian, lebih baik membidik dalam sudut lebar, karena kebanyakan perangkat – seperti layar televisi dan monitor – memiliki tampilan tampilan sudut lebar.

  1. Pencahayaan yang bagus sangat berpengaruh

Karena smartphone memiliki sensor gambar dan lensa yang lebih kecil, sangat penting untuk memotret di area yang cukup terang. Jika pencahayaan tidak sempurna, video mungkin berbayang, berbintik, atau terlalu terang, bergantung pada kondisi pencahayaan aslinya. Fokus sentuh, yang tersedia di sebagian besar ponsel pintar , membuat tugas pemfokusan menjadi sangat sederhana.

  1. Stabilkan Ponsel Anda

Sangat penting untuk mencegah ponsel Anda bergetar selama pembuatan film untuk memastikan bahwa video terlihat profesional. Smartphone saat ini hadir dengan stabilisasi gambar optik untuk menjaga rekaman tetap stabil. Ini membantu mengurangi goyangan dalam video dengan menggeser lensa secara manual ke arah berlawanan dari pergerakan smartphone.

  1. Ambil dalam bentuk lannscape

Salah satu tip praktis untuk merekam video di ponsel, untuk memastikan bahwa video dapat dilihat dengan mudah di semua perangkat, adalah merekam dalam mode lanskap. Selain itu, jika Anda memotret dalam mode ini, Anda akan dapat menyesuaikan dengan layar Anda.

  1. Fokus Anda

Tip lain untuk merekam video pada ponsel adalah sedekat mungkin dengan pokok bahasannya, karena hal ini memastikan kualitas rekaman terbaik. Subjek akan tetap fokus, dan gambar akan menjadi jelas dan presisi.

  1. Gunakan Aplikasi untuk Lebih Banyak Efek

Aplikasi seperti Snapchat dan Instagram memberi pengguna kemampuan untuk memperkenalkan elemen ke dalam video mereka dan memasukkan komponen kreativitas ke dalam footage mereka. Contohnya termasuk filter, dan berbagai overlay

  1. Gunakan Tripod

Untuk memastikan bahwa rekaman Anda tetap stabil, kami menyarankan Anda menggunakan tripod dengan ponsel cerdas Anda. Jika Anda merekam video sendiri, ini adalah tip yang penting. Anda dapat membeli klip adaptor untuk ponsel cerdas, yang dapat digunakan di sebagian besar tripod, di sebagian besar toko yang menyediakan ponsel.

 

  1. Setel Aspek rasio

Jika Anda memiliki smartphone Galaxy, dan menjalankan pembaruan One UI yang baru, Anda dapat mengatur rasio aspek video dengan mudah, apakah Anda menggunakan kamera utama, atau Anda mengambil ‘selfie’. Perhatikan jika aspeknya rasio berubah, resolusi juga akan berubah, jadi Anda perlu membuat kelonggaran untuk ini.

  1. Gunakan Resolusi Maksimum

Ponsel cerdas tidak akan, secara default, memotret pada resolusi maksimum untuk menghemat masa pakai baterai. Defaultnya biasanya medium detail, dan oleh karena itu Anda harus menyetel mode fine atau high-detail. Pilih resolusi maksimum secara manual untuk menjamin kualitas video Anda.

  1. Rekam Video Telepon Di Luar Ruangan

Anda perlu merekam video di area yang cukup terang untuk menjamin kualitas terbaik. Jika memungkinkan, kami menganjurkan agar Anda merekam video Anda di luar ruangan karena cahaya yang terang menghasilkan video dengan kualitas terbaik.

  1. Jangan Gunakan Zoom

Untuk mengurangi piksel dalam rekaman Anda, hindari menggunakan fungsi zoom digital yang menjadi standar pada semua smartphone. Untuk gambar yang lebih jelas, ikuti tip perekaman video mandiri ini, dan sebagai gantinya, lebih dekat dengan subjek Anda.

  1. Dekat dengan Subjek Anda

Dekati subjek Anda sedekat mungkin. Meskipun sebagian besar ponsel cerdas hadir dengan zoom digital, ini tidak akan memberikan kualitas yang Anda inginkan karena Anda tidak dapat melakukannya tanpa jumlah pikselasi yang banyak. Namun, jika Anda memiliki smartphone dengan lebih dari satu kamera, Anda beruntung. Salah satu lensa tambahan biasanya adalah lensa “telefoto” yang memberi Anda efek zoom optik, yang berarti dapat melakukan zoom tanpa Anda harus kehilangan detail apa pun. Yang perlu Anda lakukan, dalam hal ini, adalah mengetuk tombol “2x” di ponsel Anda.

  1. Gunakan Aturan Sepertiga

Meskipun kamera video tradisional tidak digunakan untuk merekam rekaman, bukan berarti Anda harus mengabaikan keterampilan pembuatan film praktik terbaik. Letakkan kisi 3 x 3 di atas bidang yang Anda bidik. Daripada menempatkan subjek Anda di tengah-tengah bidikan Anda, posisikan mereka ke arah aspek luar kisi.

  1. Buat Latar Belakang Anda Sederhana

Latar belakang yang terlalu berlebihan  akan mengalihkan perhatian audiens Anda dari subjek yang Anda coba potret. Jadi, agar video membuat dampak maksimal, pilih ruang yang memiliki latar belakang bersih. Jika Anda merekam video perusahaan, ide yang bagus adalah memilih latar belakang dengan logo perusahaan di atasnya.

  1. Gunakan Mikrofon Profesional Eksternal untuk Perekaman Audio Lebih Baik

Kebanyakan perekam video telepon tidak begitu bagus dalam merekam audio sejernih kristal, karena perangkat ini tidak dioptimalkan untuk fungsi ini. Sebaliknya, mereka dioptimalkan untuk operasi di layar, seperti fungsi aplikasi. Oleh karena itu, untuk memastikan Anda memiliki audio berkualitas baik untuk video Anda, sebaiknya gunakan mikrofon profesional eksternal.

Jika anda membutuhkan layanan video professional, jasa editing video, jasa pembutan video company Profile , jasa pembutan video animasi, jasa live streaming , jasa video shooting, jasa pembutan video animasi explainer, jasa pembutan video tutorial

hubungi kami  Motion Production di no 08156882731/081290818279 . Terima kasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *