Bagaimana melakukan pengambilan gambar yang baik pada saat acara sebagai seorang videografer profesional


Video adalah media yang kuat untuk mengkomunikasikan pesan, dan video acara secara khusus memiliki cara menceritakan kisah dengan cara yang tidak bisa dilakukan gambar. Namun,  video acara sering tanpa naskah dan siaran langsung, jika Anda adalah videografer, Anda hanya punya ‘satu tembakan’ untuk membuat dokumentasi menjadi memukau .

 

Penelitian menunjukkan bahwa video akan menyumbang hampir 80% dari lalu lintas internet global pada tahun 2020. Video telah terbukti menarik perhatian orang untuk 5x lebih lama daripada gambar diam. Bagi videografer, banyak tekanan untuk mendapatkan bidikan yang tepat agar video layak ditonton.

 

Sebelum kita membahas lebih dalam  acara langsung sangat sulit untuk menembak, seperti acara : konferensi, konser, pembicaraan motivasi. Perekaman video acara sangat menuntut anda sebagai videographer  untuk  dapat memperhitungkan audio, proyektor, pementasan dan pencahayaan, waktu perekaman yang lama, keramaian  dan peralatan yang banyak .

 

Berikut tips dalam pengambilan gambar dalam perekaman video:

1.  Mengatur Segala sesuatunya Sebelum Acara       Sebelum syuting acara, lakukan persiapan yang tepat sebelumnya

Bagaimana caranya ?

–    Ketahui lokasi di dalam dan luar, dapatkan gagasan tentang ukuran dan penampilan venue. Lihatlah lokasi Anda untuk mencari penerangan, stopkontak, dan penghalang.

–    Jika ada latihan, manfaatkan itu, pastikan kamera Anda dalam kondisi baik dan lihat lingkungan pencahayaan-    tanyakan siapa yang akan bertanggung jawab pada hari itu, mengingat itu mungkin atau tidak mungkin orang yang sama dengan yang Anda hadapi ketika mengoordinasikan peran Anda.

–    Dapatkan agenda sebelumnya untuk memberi Anda gambaran tentang bagaimana hari itu akan mengalir, dan ini dapat berfungsi sebagai garis besar umum untuk rekaman.

–    Buat daftar pemotretan pemotretan spesifik yang diharapkan klien, serta pemotretan yang Anda tahu akan terlihat bagus untuk keperluan pengeditan.

–    Bersiap untuk yang terburuk – bagaimana jika kabel memburuk, kamera gagal, atau ada kecelakaan

2.  Mengatur Pada hari itu

–    Periksa pengaturan Eksposur: Ingat adegan yang sama dapat terlihat lebih gelap di satu kamera dan lebih terang di kamera lain, jadi atur pengaturan eksposur yang sama.

–    Hindari kamera agar tidak bergoyang : Apakah Anda menggeser atau melakukan overhead shot, Anda tidak ingin foto Anda terlihat goyah, jadi tripod adalah suatu keharusan

.-    Atur Waktu Bidikan Anda : Pertahankan pemotretan lebih dari 5 detik tetapi tidak lebih dari 10 detik untuk menarik perhatian pemirsa Anda.

Hal-hal Penting untuk Diingat Saat Merekam Video Acara

–    Rekam Lebih Dari Yang Anda Butuhkan Lebih baik memiliki banyak rekaman daripada tidak cukup.  Yang ini cukup jelas

–    Gunakan Banyak Sudut , Coba sudut yang berbeda, misalnya. mendapatkan rekaman film dari atas  panggung yang melihat ke arah penonton menunjukkan berapa banyak orang di acara Anda dan menikmati diri mereka sendiri

–    Buat Gerakan Gerakan dalam video , Namun, kamera video harus stabil

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengeditan video untuk hasil yang memuaskan

–    Setelah memotret, tergantung pada seberapa banyak rekaman yang ada untuk disortir, Anda akan membutuhkan minimal setidaknya tiga hari pengeditan. Periksa semua rekaman untuk memastikan Anda tidak kehilangan momen kunci saat mengedit.

–    Warna benar saat mengedit : White balancing dapat membantu mengimbangi lampu kuning misalnya. Mainkan dengan berbagai warna latar belakang dan font untuk membantu menyampaikan merek

–    Pilih transisi sederhana

–    Tambahkan teks di layar: Anda dapat melakukan ini untuk menarik perhatian pada apa yang seseorang katakan dalam video, untuk meningkatkan apa yang disampaikan, atau untuk menambahkan informasi lebih lanjut, tetapi berhati-hatilah agar hal itu tidak mengalihkan perhatian dari alur cerita Anda.

–    Coba Montase: Montase adalah serangkaian potongan cepat yang sempurna untuk menunjukkan perkembangan sebuah cerita, tanpa harus terlalu detail.

Hubungi kami Motion Production dalam mendokumentasikan acara anda !!!

Kami Melayani :

jasa video dokumentasi, jasa pembuatan video jakarta, video product jakarta, jasa pembuatan video youtube

,jasa edit video, jasa dokumentasi video seminar, vendor video company profile, jasa dokumentasi Event

TELP : 08156882731/081290818279

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *