Tips Pengambilan Gambar Video dengan Layar Hijau ( Green Screen )


Bagaimana  menghasilkan video yang menarik tetapi minim budget , tidak memiliki anggaran, peralatan, atau waktu yang diperlukan untuk mengambil gambar di berbagai lokasi yang berbeda??? Video harus menarik untuk mendorong pemirsa untuk terus menonton, Kami Motion Production  memberikan solusi , ada solusi yang mudah dan hemat biaya bagi mereka yang ingin mengguncang video mereka dengan lokasi baru, dan itu adalah menggunakan layar hijau  ( Green Screen ) .

Layar hijau dapat membuat latar belakang dan lingkungan yang realistis tanpa berada di dekat lokasi. Mereka juga dapat digunakan untuk membuat efek luar biasa dan menambahkan keunggulan unik pada konten video Anda. Proses pengambilan gambar dengan layar hijau tidak selalu sederhana, dan jika dilakukan dengan buruk itu bisa membuat pengalaman yang buruk bagi audiens. Kami datang dengan tips terbaik kami untuk diikuti saat pengambilan gambar  dengan layar hijau atau Greenscreen :

1. Storyboard

sebelum Anda mulai merekam video Anda dengan layar hijau, pastikan Anda telah merencanakan storyboard untuk video dengan benar. Ini akan membuat Anda tahu persis apa yang Anda butuhkan untuk membuat film dengan layar hijau dan membayangkan bagaimana video yang sudah selesai akan terlihat dengan lokasi baru dan latar belakang ditambahkan. Mencoba menyesuaikan efek dan latar belakang ini setelah pengambilan gambar , ketika Anda pertama kali tidak mempertimbangkan produk akhir, akan menyebabkan Anda banyak masalah dan menghasilkan video layar hijau yang tampak palsu.

2. Ingat Pencahayaan.

3. Pertimbangkan Sudut Kamera

Salah satu hal paling penting untuk dipikirkan di panggung storyboard adalah sudut kamera yang Anda butuhkan. Banyak orang membuat kesalahan dengan pengambilan gambar semuanya langsung dengan layar hijau, karena tidak ada konten latar belakang di sana untuk memandu mereka. Namun, begitu latar belakang ditambahkan, jika semuanya langsung dan tidak dalam sudut yang relevan yang berhubungan dengan lingkungan, akan terlihat sangat umum dan tidak realistis.

4.  Pilih Make Up Artist dengan Pengalaman Layar Hijau

Sekali lagi, pembatasan anggaran mungkin membuat ini tidak mungkin untuk proyek Anda, tetapi jika Anda menyewa make-up artist untuk pengambilan gambar , pastikan mereka memiliki pengalaman layar hijau. Mereka akan tahu yang perlu diterapkan

5. Jangan menggunakan pakaian  Hijau

6.  Gunakan Layar Biru Di Mana Diperlukan

Walaupun mengambil gambar dengan layar hijau berfungsi sempurna untuk sebagian besar situasi, terkadang layar biru bisa sangat berguna. Jika Anda memotret seseorang dengan rambut pirang, layar biru sering berfungsi lebih baik karena warna hijau dapat menyatu dengan warna rambut yang terang. Juga, jika Anda ingin mengambil bidikan dengan tanaman dan dedaunan, layar biru sangat penting.

 

7.  Setrika Layar Hijau Anda

Saat memotret dengan layar hijau, penting untuk memastikan layar itu sendiri bebas kerut dan serata mungkin. Kerutan dapat menyebabkan bayangan yang akan merusak kualitas gambar, jadi jika Anda melipat layar hijau untuk penyimpanan, pastikan untuk menyetrika dengan hati-hati sebelum digunakan.

8. Latih Tim Anda

9. Gunakan Kecepatan Rana Tinggi

Menggunakan kecepatan rana rendah akan menyebabkan kekaburan gerakan, yang dapat menjalankan realisme efek layar hijau. Mungkin perlu membeli atau menyewa kamera yang dapat memotret dalam kecepatan rana yang sangat tinggi untuk menghindari gerakan biru saat memotret dengan layar hijau.

10. Hindari Refleksi

Meskipun menggunakan alat peraga disarankan untuk membuat suasana Anda menyukai saat pengambilan gambar  dengan layar hijau, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan alat peraga mengkilap atau reflektif. Permukaan kilau tinggi akan memantulkan warna hijau dari layar dan menyebabkan masalah besar pasca produksi.

11. Berikan Ruang Subjek Anda

Pastikan aktor dan aktris Anda berdiri antara 2-3 meter dari layar hijau setiap saat. Ini untuk menghindari mereka menyebabkan bayangan pada layar yang akan membuat rumit pasca produksi.

12. Nyalakan Layar dan Subjek Anda Secara Terpisah Kami telah menyebutkan pentingnya pencahayaan, namun, juga penting untuk menyalakan layar hijau dan latar depan secara terpisah. Terangi latar belakang terlebih dahulu dengan dua atau tiga lampu berbeda untuk menghindari titik panas, dan cahaya subjek, biasanya dengan lampu belakang dan lampu tombol.

13. Gunakan Kontras Saat memotret dengan layar hijau, praktik terbaik adalah membuat subjek menonjol dari layar hijau dengan membuat kontras setinggi mungkin. Semakin besar perbedaan kontras antara latar belakang dan subjek, akan semakin baik

14. Menggunakan Cat Tembok di Studio

Jika menggunakan layar hijau di suatu lokasi, Anda perlu memiliki sesuatu yang dapat Anda bawa dan bawa dengan mudah, namun jika Anda melakukan banyak pemotretan layar hijau di sebuah studio, sebuah dinding yang dilukis sangat menakjubkan. Dengan mengecat dinding, dan kadang-kadang juga lantai di sekitarnya, itu tidak hanya akan menghemat waktu tetapi juga memberi Anda layar hijau yang benar-benar bebas kerut.

15. Hati-hati dengan Gerakan

Sangat penting saat pengambilan gambar  dengan layar hijau agar aktor Anda tetap berada di tengah layar hijau dan tidak ada bagian tubuh mereka yang keluar layar. Lakukan beberapa tes berjalan sebelum pengambilan gambar  untuk memastikan mereka selalu di tempat yang tepat.

16. Pilih Perangkat Lunak Anda

Ada banyak perangkat lunak pengeditan video yang dapat digunakan untuk layar hijau, pastikan untuk meriset dengan baik semua fitur dan manfaat dari semuanya sebelum melakukan satu. Sebagian besar menawarkan uji coba gratis,

17. Ketahui Lingkungan Virtual Anda

Anda membutuhkan aktor dan aktris Anda untuk berinteraksi dengan lingkungan agar mereka merasa nyata dan dapat dipercaya. Meskipun benar-benar memotret dengan layar hijau, lingkungan tidak akan ada di sana, jadi pastikan untuk menunjukkan kepada mereka sebelumnya bagaimana tampilannya dan membuat mereka tahu bagaimana mereka harus bertindak di dalamnya.

18. Gunakan Tripod Saat pengambilan gambar dengan layar hijau, sangat penting untuk menjaga kamera tetap diam dan cara terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan tripod setiap saat. Pastikan untuk mengambil bidikan di tengah layar hijau sehingga tidak ada tepi atau bagian lain ruangan yang terlihat di kamera.

19. Bidik dalam Resolusi Tinggi

Uraian diatas adalah tips dan trik dari kami dalam pengambilan gambar dengan layar hijau ,

Motion production sekarang mulai merambah bisnis baru yaitu jasa instalasi audio dan video gedung , jasa instalasi audio dan video gereja , Jasa Instalasi audio Video sekolah  dll   Berikut ini beberapa project  instalasi audio dan video di Gereja  Jemaat Reformasi Papua  din Landikma , yalimo, papua :

Hubungi Kami : 08156882731/ 081290818279

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *